logo

Bab 1 Pendahuluan - Jenis Jenis Perangkat Lunak Pengembang Game

 BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Pengertian Game


Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi - strategi yang rasional. Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi [Febriyanto Pratama Putra, 2012]. Beberapa definisi game menurut beberapa para ahli: 

1. John C Beck & Mitchell Wade, 

Game merupakan penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalaha lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi. 

2. Samuel Henry, 

Game merrupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijaikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita. 

3. John Naisbitt, 

Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film. 

4. Andik Susilo, 

Game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.

1.2 Genre Game


Menurut Henry dalam bukunya yang berjudul “Panduan Praktis Membuat Game 3D” mengatakan format sebuah game bisa murni sebuah genre atau bisa merupakan campuran (hybrid) dari beberapa genre lain. Berikut adalah beberapa macam genre game yang ada:

1. Maze GameJenis game ini biasanya menggunakan maza sebagai setting atau latar game. Contoh dari jenis game ini adalah game Pacman.

2. Board GameGame jenis ini sama dengan game board tradisional tetapi dimainkan melalui komputer. Contoh dari jenis game ini adalah game monopoli Modoo Marble.

3. Card GameSama seperti game kartu asli namun dibuat lebih bervariasi dan dimainkan melalui komputer. Contoh dari jenis game ini adalah Solitaire. 

4. Action Shooting Permainan pada genre ini menunjukan aksi yang cukup memiliki konten kekerasan tinggi, dimana terdapat aksi tembak menembak, memukul, bisa juga tusuktusukan, tergantung cerita dan tokoh di dalamnya. Pada permainan jenisi ini, pemain memerlukan kecepatan dalam reflex serta kordinasi yang baik dalam memainkanya. Contoh: PB (Point Blank), CS (Counter Strike) dan Crysis.

5. Fighting (pertarungan) Ada yang mengelompokan permainan genre fighting di bagian Aksi, namun penulis berpendapat berbeda, permainan ini memang memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata dan tangan, tetapi inti dari permainan ini adalah penguasaan pada jurus atau special action (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya), pengenalan karakter dan timing sangatlah penting, combo-pun menjadi cara untuk mengalahkan lawan secepat mungkin. Contoh: Tekken.

6. RacingPermainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk mengemudi dalam sebuah kompetisi balap-membalap. Game ini popular dengan jenis game yang berkonsep menggunakan mobil atau motor. Contoh: NFS Heat.

7. Sport Permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti pertandingan sepak bola, basket, dan sebagainya. Contoh: Pro Evolution Soccer 2020.

8. Adventure Game adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka panjang yang harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Contoh: Super Mario Run 

9. Strategi Jenis permainan game seperti simulasi dengan tujuan jelas, sehingga membutuhkan strategi si pemain dan melibatkan masalah strategi, taktik, dan logika. Contoh: Age of Empires 

10. RPG (Role Playing Game) Sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contoh : The Witcher 3: Wild Hunt. 

0 Komentar untuk "Bab 1 Pendahuluan - Jenis Jenis Perangkat Lunak Pengembang Game"

Contact Form

Name

Email *

Message *